1.3.10

Dari Global Warming sampai Blogger Bertuah

Judul nya aneh ya?
Yup... tapi tak mengapa... karena postingan kali ini tentang award yang saya terima kemarin pagi dari 2 sahabat saya yaitu Mas Harri dan mbak Elpa dengan mengusung tema yang berbeda juga.

Award dari Mas Harri dengan tema "Global Warming"

Syarat bagi penerima adalah menjawab pertanyaan berikut ini
  1. Apa yang anda ketahui tentang Global warming ??
  2. Apa Usaha Anda Untuk mengurangi Global warming ??
  3. Apakah anda sudah menerapkanya ??
Jawaban saya:
1. Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi karena meningkatnya efek rumah kaca.

2. Ada beberapa hal yang dianjurkan untuk mengurangi Global Warming:
(1) Batasi Penggunanaan kertas

Tanamkan di pikiran sobat kuat-kuat, bahwa setiap sobat menggunakan selembar kertas maka sobat telah menebang sebatang pohon. Oleh karena itu gunakan kertas se-efektif mungkin misalnya dengan mencetak print out bolak-balik pada setiap kertas. Bila sobat nge-print sesuatu yang tidak terlalu penting, gunakanlah kertas bekas yang dibaliknya masih kosong.

(2) Ganti bola lampu.

Segera ganti bola lampu pijar sobat dengan lampu neon. Lampu neon ini membutuhkan energi yang lebih sedikit dibanding lampu pijar. Ingat setiap daya daya listrik yang sobat pakai maka sobat turut serta menghabiskan sumber daya energi listrik yang kebanyakan berbahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah bahan bakar tak terbarukan, dan dalam jangka sepuluh tahun ke depan mungkin bahan bakar jenis ini akan habis.

(3) Hindari Screen Saver

Shut down Komputer sobat jika tidak akan digunakan dalam jangka lama, atau jika sobat terpaksa meninggalkan komputer dalam keadaan menyala, matikan screen saver. Mengaktifkan screen saver akan memakan energi dan mengeluarkan emisi Co2. Jadi matikan screen saver sobat sekarang!

(4) Periksa tekanan ban

Setiap sobat ingin bepergian jangan lupa memeriksa tekanan ban kendaraan sobat. ban yang kurang angin akan memperlambat laju kendaraan dan akhirnya akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

(5) Buka jendela lebar-lebar

Di Amerika , sebagian besar dari 22,7 ton emisi CO2 berasal dari rumah. Kebanyakan emisi atau gas buang tersebut berasal dari AC, kulkas, kompor gas atau refrigerator. Untuk meminimalkannya ketika dapat mengatur termostat AC dengan suhu udara di luar ruangan. Kemudian bukalah jendela lebar-lebar karena sirkulasi udara yang terjebak dapat mengkonsumsi energi.

(6) Gunakan pupuk organik.

Pupuk yang digunakan kebanyakan petani mengandung unsur nitrogen, yang kemudian berubah menjadi N2O yang menimbulkan efek GRK (Gas Rumah Kaca) 320 kali lebih besar dari pada CO2. Jika sobat hobi berkebun gunakanlah pupuk organik. Disamping aman, murah pula.

(7) Tanamlah rumpun bambu

Pepohonan memang terbukti mampu menyerap CO2, tetapi ternyata pohon atau rumpun bambu mampu menyerap CO2 empat kali lebih banyak dari pohon-pohon lain.

(8) Naik kendaraan umum

Saat ini jumlah kendaraan pribadi sudah teramat banyak dan bikin sumpek. Sector transportasi menyumbang sampai 14 % emisi gas rumah kaca ke atmosfer, jika kita menggunakan kendaran umum maka kita mengurangi emisi gas rumah kaca, karena dalam satu kendaraan umum bisa mengangkut puluhan orang, dan itu sangat hemat energi. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi sperti sedan yang hanya mengangkut maksimal empat orang.

(9) Kurangi makan daging sapi

Betul, kurangi dari sekarang memakan daging sapi. Selain megandung kalori y ang tinggi. Daging sapi juga menyumbang emisi gas rumah kaca yang cukup signifikan. Setiap kilogaram daging sapi yang kita makan, setara dengan menyalakan bola lampu 20 watt selama 20 hari.

(10) Jangan pakai kantong plastik

Di beberapa Negara bagian Amerika, urusan kantong plastik bahkan sampai dibuat undang-undangnya segala. LSM peduli lingkungan mendorong pemerintah Negara setempat unutk melarang penggunaan kantong plastic sebagai kantong belanjaan. Plastik ini memang unsur yang sulit terurai, butuh 1000 tahun untuk mengurainya didalam tanah.

Efek Gas rumah kaca yang ditimbulkannya juga cukup besar. Maka beralihlah ke kantong kain, misal dari kain serat alami.

(11) Membeli produk lokal

Produk lokal tentu tidak memerlukan jalur distribusi yang panjang dan membutuhkan banyak bahan bakar. Ini berarti mengurangi emisi CO2 yang dikeluarkan mobil-mobil pengangkutnya. Kemudian belilah produk sayuran atau buah-buahan sesuai musimnya. Ini akan menghemat biaya transportasi dan menghindari harga jual yang mahal.

(12) Hidup efisien

Apapun aktifitas manusia di bumi akan berdampak pada bumi yang kita diami ini. Pola komsumsi energi, pola lingkungan dan sebagainya. Hiduplah seefisien mungkin, gunakan sedikit energi, komsumsilah sedikit makanan, tinggalkan pola hidup konsumtif, ramahlah terhadap lingkungan, sedikit bicara lebih banyak berpikir, dan sebagainya.

(13) Mengemudi cerdas

Hindari perjalanan yang panjang dan menghabiskan waktu, bila mungkin memotong jalan lakukanlah. Kurangilah aktifitas yang menggunakan kendaraan pribadi. Jika terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, pilihlah jalan-jalan alternative yang bebas macet dan tidak mengkonsumsi energi. Bila sobat menunggu, matikan mesin sebab gas buangan tetap keluar sementara bahan bahan bakar terpakai.

(14) Pakai baju bekas

Sekarang bukan jamannya gengsi, toh kita mati tidak membawa gengsi. Tak perlu malu memakai baju bekas atau baju warisan orang tua. Dengan mengurangi membeli pakaian baru maka sobat membantu mengurangi pemakaian listrik di pabrik pakaian.

Apalagi banyak bahan kain sintetis yang mengandung minyak bumi. Bahkan katun yang berasal dari kapas ternyata mengandung pestisida


3. Dari sekian anjuran di atas hanya beberapa yang baru bisa saya lakukan :)

Cat. Mas Harri maaf ya kalau ada yang salah, mudah2an mas Harry tidak membuat saya harus ujian ulang hehehe (akhirnya selesai juga PR *sambil ngelap keringat*)

Award ini saya berikan bagi semua Pengunjung blog ini.

Silahkan diambil

*****

Award dari Mbak Elpa dengan tema "Milad Blogger Bertuah"

Award ini aslinya berasal dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru yang merayakan Hari Ulang tahun berdirinya komunitas ini pada tanggal 28 Pebruari. Award ini bertujuan agar para blogger bisa berbagi TUAH "Bertuahku, Bertuah mu, Bertuah kita bersama..."
Sip deh. Semoga Harapan ini bisa terwujud dan Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bisa tetap eksis dan sukses. Amin.

Terimakasih ya mbak Elpa..... semoga tambah cantik ya...

Untuk award ini saya berikan ke teman2 yang belum lama bergabung dengan icawoman.blogspot.com
1. Alkatro
2. Hdsence
3. aan
4. Rizky2009
5. Richo
6. Septian angga
7. Adit's Blog
8. angger
9. Darahbiroe
10. Bunda NURA

*****

Ok sebagai penutup postingan ini saya mau mengucapkan selamat ulang tahun untuk Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, semoga makin kompak dan sukses.
Akhir kata : "STOP GLOBAL WARMING"

48 komentar:

elpa mengatakan...

yups do'anya biar tambah cantik...sama2 deh,kita kan girl...kudu cantik luar dalam jiahhhhhhh

NURA mengatakan...

salam sobat
selamat ya ,,atas AWARDnya,,
semoga makin semangat bloggingnya.
trims,, saya diberi AWARD ini juga.

setitikharapan mengatakan...

memang kita sebagai generasi penerus ikut mencegah dampak global warming mbak. Setidaknya dimulai dari diri sendiri.

Ica mengatakan...

@elpa: sama2 mbak... yupi cantik luar dalam :)
@NURA: Siap Bunda..
@Muhammad Rizal: Terimakasih sobat...
@Setitikharapan: setuju banget bos... mulai dari diri sendiri...
oh iya makasih telah berkunjung dan komentar..

Mamat mengatakan...

Slamt ats award'na,, kyak'n nie award' merjalela y, di dunia blogger.

Bibi Titi Teliti mengatakan...

kayaknya no. 14 masih rada susah tuh mba..hihihi...
Tapi emang harus dicoba ....
point 10, harusnya supermarket gede jangan ngasih plastik tuh...biar customer nya bawa sendiri...di carefour malah ditawarin, tapi kok beli?...hihihi...
Makasih udah di ingatkan ya :)

Ipin mengatakan...

wah pengetahuan nya mantap juga nih icha anda memang pantas mendapat award ini :)

Dimas mengatakan...

wew, banyak juga banget tuh anjurannya + penjelasannya lg, mantap...

Adit's Blog mengatakan...

selamat y awardnya.

wah...info global warning yg bagus nih.
skrg udah panas bgt bumi ini. klu ak brangkat kuliah siang2,,nggk kuat deh.
srasa di panggang. huhuhuhuhu

kang tejo mengatakan...

wah selamat buat awardnya mbak dan yang dapat award juga selamat..

Ica mengatakan...

@Dek Yusron: Makasih sob... udah aku koment balik tuh..
@Mamat: Makasih sob.. yah begitulah kira2 :)
@Bibi Titi Teliti: Sepertinya memang perlu banyak pembenahan nih bos.. Menyangkut plastik, Mungkin kurangnya pengetahuan dan juga kurangnya tingkat kesadaran mbak
@Tomo: makasih mas
@Ipin: Waduh mas Ipin, jadi besar kepala nih hehhe makasih ya guru, ini karena banyak belajar dari guru..
@Dimas: Kalau ada yang kurang boleh ditambahkan bos..
@Adit's Blog: Dipanggang trus kalau dah matang bisa dijual ya? kidding bos...
@Kang Tejo: Matur tengkyu kang...

kakara mengatakan...

Selamat selamat untuk award-awardnya.. sangat pantas dan layak blog ini mendapatkannya :)

aan mengatakan...

makasih mba,,,maaf nih baru mampir..lagi sok sibuk nih,,hehe
segera ditindak lajuti awardnya..

richo mengatakan...

wuah aku kebanjiran award juga..... makasih yah... aku simpen di brankas d maap ga di pajang soale kemaren udah pajang juga.... tangkiyu pokoke

U-marr mengatakan...

selamat yah atas awardnya, n' awardnya bagus-bagus :D

Harri mengatakan...

Prikitew,,,,,,,,,
Makasih Jawabannya.....
Keren.....

van mengatakan...

waww
selamat yah awardnya,,,
nih ada tambahn tag lagi buat kamu
jika berkenan silagkan ambil yah

rahmatea mengatakan...

hebatlah pengetahuan tentang global warming nya.....saya juga sudah melaksanakan beberapa tips seperti yang sobat sebutkan :
-jarang pake kertas.....saya tulis saja di komputer,
-suka buka jendela lebar lebar.....apalagi kalau cuaca panas,
-suka naik kendaraan umum.....masak harus jalan kaki...he..he...

udah ah segitu aja.....

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

datang bergerilya lageeeeee.....cuma mau bilang kembalikan es kelapa ku..si putra nangis tu

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

tanggung jawab lo cha bikin nangis si putra ... ta' jewer kuping mu ntar....hehehehe

Ica mengatakan...

@kakara: Makasih2... Dipuji sekali lagi aku langsung terbang nih ...
@aan: Laksanakan!
@richo: Never mind it's ok bro... *wedeeew apa artinya ya...?*
@Zein: Makasih sob
@Penghuni60: Silahkan diambil... jangan ragu2
@U-marr: Thanks bos...
@Harri: berarti lulus dong bos.... horeeeee
@Miranti Verdianan Dewi: Amin..amin.. makasih ya...
@dimas: Oh iya silahkan... maaf cuman ada gorengan nih :)
@angger: beres bos..
@van: wah dapat tag lagi????? PR dooongg hehehe btw, makasih ya sob
@rahmatea: terimakasih bila dinilai seperti itu..
oh iya jangan jalan kaki atuh, kasihan betisnya bisa meledak... *ups*
@Willyo A P I : waduh gawat.. kasus es kelapa muda lagi... sssstttt jangan keras2 ngomongnya juragan... nggak usah pakai tanggung jawab ya... tanggung soal aja... udah kebanyakan jawab saya... lihat aja postingan di atas, baru aja jawab PR skarg harus jawab lagi :p

Dimas mengatakan...

mampir lagi ketempat sobat pagi2 sapa tau dapat kopi...

sda mengatakan...

maaf baru berkunjung...
selamat atas award2 nya ya mba...semangat ngeblognya...

narti mengatakan...

nanya, jd sebaiknya baju bekas yg dipakai terbuat dari apa mba? sintetis dan katun begitu....???

Ica mengatakan...

@dimas: Waduh maaf baru ol nih, boleh juga ngopi sore :)
@mbak Narti: lebih dianjurkan ke bahan serat alami mbak, kalau sintetis umumnya terbuat dari bahan petrokimia, walaupun dalam kenyataannya ada beberapa kain yang prosesnya melalui beberapa tahap yang tak lepas dari penggunaan unsur kimia.
Tapi yah begitulah mbak namanya juga manusia pengin tamil modis kadang tidak memikirkan sampai sejauh itu termasuk saya :)
@SEO service, sda, ngeposting nih yee: makasih untuk kunjungan dan komentarnya ya

alkatro mengatakan...

untung ane ga dikasih award yang pertama.. paling bisa jawab 1 doang : hemat air (ane ga mesti mandi 2hari sekali xixixixi)..
makasih awarnya non ica.. ane bungkus bawa pulang.. atu uwa tiga... kabuuurr

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks