19.3.10

The Three Magic Words

Di zaman modern ini sudah banyak orang yang telah melupakan 3 kata ajaib ini, padahal 3 kata ajaib ini mampu menjadi jembatan dan membuka jalur komunikasi yang telah tertutup selama ini.



3 kata ajaib itu adalah: MAAF, TOLONG, TERIMA KASIH


1
. MAAF
~ Katakanlah MAAF

Jangan segan-segan untuk mengucapkan maaf. Mungkin sebagian orang merasa pantang untuk mengucapkan kata ini, karena banyak anggapan bahwa orang yang meminta maaf akan dianggap lemah, kalah, atau tidak berdaya..

Benarkah ?

Tidak !! kata maaf dapat memunculkan sifat rendah hati, “Maaf” membuat kita bisa menerima keadaan diri kita.. sebagai seorang manusia biasa, yang nggak mungkin luput dari kesalahan.

“Maaf” dapat membantu kita dalam ‘proses mengampuni’ diri sendiri – yang pada akhirnya dapat membawa ke proses ‘mengampuni orang lain’. “Maaf” bukan berarti kalah, sebaliknya, maaf membuat kita belajar menghargai orang lain yang pada akhirnya akan membawa ‘kemenangan tak terduga’ pada diri kita – “Maaf” memberi pelajaran bahwa ‘kebenaran adalah hak bagi semua orang’.

Bahkan, kadangkala “maaf” dapat membuat musuh-musuh kita malu, malu akan dirinya sendiri, malu akan kesombongan dan keangkuhan yang selalu ia pegang selama ini (Apalagi kalau dia betul-betul tahu bahwa sebenarnya kesalahan ada pada dirinya sendiri).

Dan jangan takut untuk meminta maaf !!! dan jangan pernah khawatir “Maaf”-mu tidak diterima.. Bukankah di dalam lubuk hati terdalam setiap manusia, akan selalu ada keinginan untuk memaafkan dan mengampuni orang lain ?

So.. Jangan ragu-ragu untuk mengucapkan kata “Maaf”

~Berikanlah MAAF

Memaafkan mengandung 4 macam arti : berdamai, melepaskan, mengampuni dan melupakan.
a.
BERDAMAI
Ketika kita memaafkan seseorang atau meminta maaf atau kesalahan kita, se
benarnya kita sedang menaikkan bendera putih, meruntuhkan tembok pemisah dan membangun jembatan penghubung untuk memperdamaikan kedua belah pihak.

b
. MELEPASKAN
Ke
tika kita menyakiti seseorang atau disakiti orang lain baik melalui perbuatan/perkataan , kita sebenarnya sedang menciptakan sebuah ikatan atau belenggu yang mengikatkan diri si pembuat dan korban. Ikatan yang membelenggu akan menjerumuskan kita pada hal buruk. Memaafkan akan melepaskan kita dari ikatan belenggu itu.


c.
MENGAMPUNI
Ketika kita mengampuni sebenarnya kita sedang mematikan “sengat” yang d
itimbulkan akibat luka-luka oleh perkataan atau perbuatan. Apa yang ditimbulkan akibat dari perbuatan orang itu memang tidak dapat dilupakan, namun kenangan akan perbuatan itu sudah tidak berpengaruh terhadap diri kita lagi. Kita akan memiliki cara pandang yang baru dalam menilai masalah itu, dan ketika menceritakannya kepada orang lain, kita tidak merasa sakit hati lagi karena kita menjadi manusia yang berbeda.

d. MELUPAKAN

Hal tersulit. Terkadang kita mendengarkan istilah. Memaafkan bisa namun melupakan itu sulit. Namun jika salah satu unsur memaafkan yang sejati ini terabaikan maka kita belum sepenuhnya bebas. Melupakan akan membuat hati kita benar-benar bersih.


2. TOLONG

TUHAN menciptakan manusia sebagai mahluk social dan hidup dalam satu komunitas yang membutuhkan dan ada ketergantungan satu sama lain. Tidak ada manusia super di muka bumi ini, dan TUHAN memakai orang lain untuk melengkapi kekurangan dan kelemahan kita sebagai manusia.

Hidup tolong menolong menggambarkan sikap saling me
ngasihi dan peduli akan orang lain.

Banyak orang merasa takut mel
akukan hal ini, karena takut diperalat dan takut gengsinya turun. Menolong orang lain dan meminta pertolongan orang lain tidak akan menjatuhkan harga diri kita, malahan akan semakin meningkatkan harga diri kita karena kita akan dinilai sebagai orang yang rendah hati dan bermurah hati. Dan itulah yang TUHAN ingin kita lakukan.


3. TERIMA KASIH

TERIMA KASIH

Yup, dua kata yang terkadang dilupkan.

Mengatakan terima kasih menunjukkan 2 macam arti : Mengucap syukur, penghormatan dan penghargaan

a. MENGUCAP SYUKUR
Mengucap syukur adalah tanda kita berterima kasih atas pertolongan dan keterlibatan TUHAN secara adikodrati di dalam hidup kita.

b. PENGHORMATAN DAN PENGHARGAAN
Ketika kita menempatkan seseorang di atas kita, misal : pasangan, pemimpin, ketua. Respon kita kepada mereka akan berbeda dibandingkan dengan respon kita kepada orang yang dibawah kita, misal pembantu. Ketika orang-orang yang di atas kita memberikan pertolongan/ bantuan, dengan mudah kita memberikan ucapan terima kasih berkali-kali bahkan sampai membungkukkan badan. Tapi bandingkan takkala pembantu atau bawahan kita yang melakukannya, sangat jarang kita mendengar ucapan terima kasih ini.

Yang perlu diingat, ucapan terimakasih sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan alangkah baiknya tanpa memandang status social atau kelas seseorang.

Mari kita praktekkan 3 kata ajaib ini dalam keseharian kita. Dan sobat akan melihat, dunia menjadi lebih indah dari sebelumnya.



58 komentar:

kang tejo mengatakan...

benar sekali mbak ica...
nih saya ucapkan 3 kata itu untuk mbk ica

TOLONG KASIH SAYA NASI PECEL
MAAF KLO MEREPOTKAN MBK ICA
TERIMAH KASIH JIKA MBK ICA MEMUNUHI PERMINTAAN SAYA

hehehheh

narti mengatakan...

nambah satu ya...permisi...bagiku itu juga kata penting.

sda mengatakan...

makasih artikelnya mba, sangat bermanfaat, terlebih mengajarkan ke anak-anak.
tentu contoh dari kita sangat penting daripada hanya menyuruhnya.

Rock mengatakan...

Maaf, tolong, terima kasih... Artikel yang sangat bermanfaat kawand...

Ica mengatakan...

@miranti verdiana dewi: sip...
@kang tejo: hmmm salah postingan nih aku.... hehehe
@narti: betul juga tuh mbak.. makasih ya
@sda: iya mbak.. akan sangat lebih baik jika kita yang memberikan contohnya.
@Rock: terimakasih juga bos sudah berrkenan membacanya.

tomo mengatakan...

3 ucapan yang sering kita lakukan.Kata ma'f saja yang orang kadang enggan malu mengatakannya.jangan malu donk..kalo salah ya minta ma'af saja.ya kan..

kakara mengatakan...

ohh.. tiga kata tersebut disebutnya 3 magic words ya..
forgiven not forgotten.. he2 ga nyambung.
meminta maaf itu mudah, yang tidak mudah adalah bagaimana untuk tidak membuat kesalahan lagi..
TFS.. nice article dik

Arfi mengatakan...

kalau Arfi gak bakalan lupa dengan 3 kata ajaib itu.....wajib diucapkan demi menjaga relasi yang baik dengan sesama ..OK hehehe:) salam kenal

fai_cong mengatakan...

yupz..
bener mbak...
mari kita tebarkan tiga kata ajaib ini.
:D

aan mengatakan...

TERIMAKASIH atas artikelnya yang luar biasa,,
MAAF saya baru mampir..
TOLONG , saya laparr..hehe

sosial seni budaya bisnis mengatakan...

yups setuju bangets deh...
hal yang gampang tapi susah buat melakukan...

Rock mengatakan...

Selamat pagi kawand... Aku datang lagi... hahaha...

Ipin mengatakan...

The Threee magic word juga harus di topang dengan Rasya syukur dan ikhlas
maaf cha kalo menambahkan nihh dan tolong jangan marah ..terimakasih telah berkunjung *kaburrrrrrrrr*

penghuni 60 mengatakan...

gitu ya Ca?
kalo aku bilang gini sih gmn:
"MAAF aku gi gak pnya duit nih abis bwt maen lotre, TOLONG beri aku seperak 2 perak utk mkn, TERIMA KASIH.."

kalo gitu gmana Ca? :P
*lariiii sblum dilempar pake pancing*

Ica mengatakan...

@tomo: iya nih... maaf ya bos, jarang bertamu beberapa hari ini :)
@kakara: iya deh bang.. saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan saya lagi... kecuali kepepet :P
dan mohon maaf sering buat salah nih :)
@arfi: bagus dong...... slam kenal balik sobat
@fai_cong: yup.. jangan tebar pesona melulu
@aan: waduh, TOLONGnya ini yang repot hehehe
@coretan sayang: ok deh
@sosial seni budaya bisnis: bener tuh..
@Rock: salam selamat paginya baru terbalaskan nih
@Ipin: hehehe main kabur aja... btw makasih bos
@penghuni60: hmmm ada pengacau.... nih kalau kebanyakan bergaul ama trailler :P

megi mengatakan...

Okelah kalau begitu :D
mulai sekarang perbanyak mengucapkan three magic words, nice post mbak

megi mengatakan...

mbak tukaran link dong, linknya mbak aku taruh di footer blog ku, sekalian follow juga yah :D

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

memang benar.. tiga kata yang sejatinya harus ada namun kita lupa untuk menggunakannya :)

rahmatea mengatakan...

MAAF, saya baru berkunjung lagi ke sini......
TOLONG, kalau sempat.... mampir ya...ke blog saya...
TERIMA KASIH.

rahmatea mengatakan...

MAAF, saya baru bisa berkunjung lagi....
TOLONG, kalau sempat mampir ya.....ke blog saya...
sebelumnya.....TERIMA KASIH

moenas mengatakan...

tips yang sangat berguna brow,,
thanks atas tipsnya sok2 milai sering akh ngucapin kata2 ini,.
blognya mantabbb brow

Dimas mengatakan...

- MAAF klo saya telat berkunjungnya...
- TOLONG mba jangan marah...
- TERIMA KASIH mba sudah mau mampir ke blog saya...

Ica mengatakan...

@Megi: Yup.... jangan ragu, oh iya dah aku pasang koq :)
@secangkir teh sekerat roti: iya nih... suka lupa atau memang dah kebiasaan hehehe
@rahmatea: saya juga minta maaf jarang berkunjung
@moenas: ayo... mulai sekarang
@Dimas: saya yang sering nggak berkunjung makanya kudu saya yang harus minta maaf sekalian ngucapin makasih masih sering mengunjungi saya..

Osi mengatakan...

"Maaf" bila komentnya menyimpang
Dan "terima kasih" saya numpang nyari backling az
"Tolong" jangan di hapus koment saya
"Terima kasih" atas pengertiannya...

Kabuuuuuuurrrrrr sebelum kena timpluk ...

xixixixixi....posting yang menarik sob, sy kagum

Darin mengatakan...

mencerahkan sekali baca artikel ini :)
betul, seyogyanya 3 kata sakti itu slalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, biar hidup agak enteng..
salam hangat ica.

NURA mengatakan...

salam sobat
benar2 mantap postingannya
bermanfaat dan memang nyata.
3 kata tersebut ada dlm kehidupan kita.
maaf,tolong.terimakasih.
trims penjelasannya sangat lengkap mba Ica.

fai_cong mengatakan...

lah kok...
malah tebar pesona sih?
aku kan enggak
*menghindar*

syahidacomputer mengatakan...

tiga kata yang besar maknanya tapi kadang sulit untuk dilakukan. Tapi harus tetap SEMANGAT menjadi insan yang berakhlaqul karimah..

heru mengatakan...

pencerahan yang bagus mbak, mengajarkan saya menjalankan kehidupan sehari2nya, terima kasih ya atas sharingnya

netmild mengatakan...

hmmmm ok juga kata simpel tapi unik dan penuh makna..ane inget inget ah

vie mengatakan...

ia bener banget tiga kata itu sekarang sudah sangat di lupakan!!! apalagi sama anak2 remaja... sebagai penerus bangsa, sudah sangat lupa!!! :)

Rock mengatakan...

Selamat pagi kawand... Aku datang lagi...

Absen...hahaha...

alkatro mengatakan...

maaf saya belum mandi;
tolong izin ngumpet disini
makasih ane pulang dulu... ibu kos sudah lewat ...
atu uwa tiga.. kaburrr

kang tejo mengatakan...

ada award buat mbk ica..klo da kembali didunia nyata ojo lali diambl mbak..

hmm g usah menyesali kekalahan MU dari muenchen..
memang itulah kualitas MU wkwkwkwwkwk..

kang tejo mengatakan...

akhirnya kembali juga klo mau bacaan yg lucu ru baca yg SMS-MU HARIMAUMU...
lemayan bisa ngilangin stress dikit hehehe..

Tumben datangnya baik2..
biasanya SANGAR wkwwkwkwkk

oh ya g usah nyesel mu kalah dari chelsea wkwke..

kaburr

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

aku datang mengunjungi mu dengan formasi dan PR baru....
semoga maaf terucap
sebab lama aku tak bersilaturrahim ke sini...
salam...

yuni mengatakan...

wah betul juga....
kata2 tadi memangkata2 mujarabbbb.....

kang tejo mengatakan...

MU G LOLOS..sakne rek..

sibuk opo mbk ica?kok suweh tenan g mari2..

ati2 bloge ditunggu gendruwo lo wkwkwkkw

Anonim mengatakan...

Bagus tulisannya Mbak.. maaf bolehkan saya minta postingan ini?... terinmaksih ..salam kenal . IbuLinda

Aqiqah mengatakan...

Maaf ya saya komentar di sini..
terima kasih klo boleh..
dan tolong di apparove ya..
lengkap tuh mas:)

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks