17.8.11

Robot Gelar Upacara Kemerdekaan RI ke-66


Ada yang berbeda pada peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-66 ini, itulah yang saya lihat di berita TV hari ini.

Diantaranya ada upacara bawah air yang diikuti oleh 2.827 peserta bertempat di pantai Malalayang, Manado dan yang tidak kalah menarik adalah upacara peringatan kemerdekaan yang digelar oleh 45 robot di pusat perbelanjaan Thamrin City.Prosesi upacara yang berlangsung di lantai 2 pusat perbelanjaan Thamrin City itu pesertanya adalah robot. Ya robot. Pemimpin upacara dipercayakan pada robot NAO. Robot Bioloid sebagai inspektur upacara, 17 robot origami, serta 8 robot drum band. Secara keseluruhan, terdapat 45 robot yang mengikuti kegiatan ini.


Robot-robot ini bisa membaca teks proklamasi, menggerek bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya. waooww.. Sungguh luar biasa.


"Kami ingin memperingati Hari Kemerdekaan ini dengan cara berbeda, menggunakan robot. Ini yang pertama di dunia," ujar Direktur World Robotic Explorer Jully Tjindrawan kepada wartawan di Thamrin City, Rabu, 17 Agustus 2011. Menurut dia, ide upacara bendera oleh robot ini muncul 2 bulan yang lalu. Awalnya tak ada yang percaya ide ini bisa terlaksana. Namun karena kesungguhan, pengerjaan konsep upacara dan persiapan teknis yang rumit bisa dimatangkan dalam waktu satu pekan.

Uniknya, seluruh peserta upacara merupakan buatan luar negeri, seperti Korea, Prancis, Taiwan, Denmark, dan Jepang. Namun otak robot kental dengan semangat Indonesia karena seluruh intelegensia buatan yang dibenamkan adalah hasil pemikiran teknisi dalam negeri. "Robot boleh saja buatan negara lain, tapi semangatnya Indonesia," kata Jully.

Uus Supriatna adalah satu dari tujuh operator yang mempersiapkan konsep ini. Hingga semalam, ia bersama teman-temannya masih ragu akan kinerja robot-robot ini. "Kami memutuskan terus maju karena harus berani mencoba," ungkap Uus. Mengkoordinasikan puluhan robot dengan aneka sistem memang sulit. Masing-masing robot memiliki perangkat berbeda sehingga harus mendapat perlakuan khusus. Demikian pula ketika harus menyusun robot sebagai sebuah orkestra harmonis secara bersamaan, harus ada tenaga yang seragam untuk menggerakkan program. Selama seminggu percobaan, teknisi sering menemui kegagalan karena ada saja robot yang membandel. Namun dengan latihan rutin, semua kendala ini bisa dikurangi. Hingga akhirnya, selama 20 menit mulai pukul 10.00 WIB, robot-robot ini bergerak dengan khidmat mengikuti upacara bendera memperingati 66 tahun kemerdekaan Indonesia.

Robot gelar upacara, blogger kemana ya saat detik2 peringatan kemerdekaan? :)

Dirgahayu Republik Indonesia....
(semoga bangsa Indonesia lepas dari segala bentuk "penjajahan")



7 komentar:

tejo mengatakan...

wah saya gak lihat mbak, saya malah lupa saat 17 agustus saya lagi ngapain..he2...maklum sudah mulai berumur hehehe...salam blogger :)

Raihan Mar'ie Ramadhan mengatakan...

Robotnya nasionalis sop,kita malu sama robot pintar ini,hehe.
Nice share,happy blogging.

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks