23.7.11

Google Buka Kantor di Indonesia (Rencana)

Raksasa mesin pencari, Google Inc, berencana mendirikan kantor perwakilannya di Indonesia dalam waktu dekat. Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat tersebut bakal mengembangkan pasar internet dan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

"Indonesia punya pasar yang besar terhadap industri internet dan kebetulan kita punya program untuk membantu mereka lebih besar lagi. Kita belum memutuskan (waktunya membuka kantor di Indonesia), tapi kita memang sangat tertarik," ujar CEO Google Inc Eric Schmidt di sela pembukaan Regional Enterpreneurship Summit (REF) di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua kemarin.

Menurut dia, Indonesia memiliki pertumbuhan perekonomian yang kuat dan memiliki potensi untuk terus tumbuh kuat di masa mendatang. Di sisi lain, pertumbuhan masyarakat pengguna internet semakin tinggi seiring dengan kuatnya penetrasi telepon genggam."Kondisi geografis indonesia sebagai negara kepulauan sangat membutuhkan teknologi internet," katanya.

Mengenai UMKM, Eric mengatakan, pihaknya mendengar Indonesia memiliki sekitar 50 juta jenis usaha seperti itu yang terus berkembang. Internet akan sangat membantu perkembangan tersebut. "Kami juga memiliki program pendidikan, seminar," tambahnya.

Meski demikian, ia enggan untuk memberikan informasi kapan Google akan berinvestasi. "Kita masih diskusi dengan pemerintah," terangnya. Di kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu menilai rencana investasi Google ini akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dia berharap Google segera menyelesaikan beberapa pekerjaan lagi supaya kantornya bisa segera terwujud. "Kita akan bahas aspek waktunya," kata dia.

Pihaknya berharap Google segera membuka kantor perwakilan seperti yang ada di Singapura dan Malaysia sehingga banyak tenaga kerja Indonesia yang dibutuhkan. "Potensi Indonesia luar biasa sehingga Google tertarik. Tapi perusahaan Indonesia juga perlu mendukung penambahan konten," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wiryawan berjanji untuk mendukung penuh mengutamakan rencana investasi Google tersebut. "Kami butuh waktu satu dua bulan, akan kami selesaikan. Masalah akusisi (kaskus, detik.com, red) belum dibicarakan," jelasnya.

ASEAN Regional Entrepreneurship Summit (RES), yang diselenggarakan pada 22-24 Juli di Bali, diharapkan dapat mendorong wirausahawan untuk membangun jaringan bisnis se-Asean. Pertemuan ini diharapkan membantu pelaku usaha untuk mengatasi masalah kewirausahaan secara komprehensif dan terintegrasi.

RES merupakan program regional pertama, sebagai tindak lanjut dari Entrepreneurship Summit yang diadakan di Washington DC pada April tahun lalu. RES dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka, di antaranya Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, CEO Google Inc. Eric Schmidt, CEO Ernst Young Jim Turley, Founder Ciputra Group Ciputra, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wiryawan dan ?sejumlah pemimpin perusahaan terkemuka Tanah Air lain.



"Buat semua teman2 blogger mohon maaf karena baru hari ini bisa kemabli ke dunia blogger. Mohhon maaf jika saya tidak pernah membalas kunjungan sobat. Mohon maaf juga jika ada salah kata dan tindak selama saya terjun di dunia blogger ini"

15 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

aku udah tau lbh dulu informasi ini Ca.
coz aku kan punya kenalan org dalem di Google..
hehe...
*sok kenal

yg jls hal ini bikin semangat aku utk trs ngeblog.

tp aku sedih jg dgr km msk RS.
sakit apa sih Ca?
moga lekas sembuh aja ya...
suer aku kehilangan km loh...

Aingindra mengatakan...

wow...akhirnya update juga...kemana aja bu....gimana kabarnya?

Ica mengatakan...

@Penghuni60: Iya..iya.. yang koneksinya kuat.. Calon anggota Dewan Cirebon hehe
Biasalah dah nenek-nenek sering sakit2an :)
Makasih ya bos untuk doanya.... Tapi karena sakit juga lah aku punya waku di rumah buat ngeblog.
Kehilangan koq nggak nyari? hehehe becanda.
Salam buat Mbak ku yang di rumah ya... :)
@Aingindra: kangen juga ama blog dan sobat2ku makanya update. Bosan masih di rumah aja nih. Belum ke kantor jadi mendingan nyapa sobat2ku. Saat ini sih kabarku baik2 aja. Eh btw, blognya tambah keren aja tuh... bikin iri..

Tomo mengatakan...

Indonesia ini termasuk negara yang agak lama mendapat perhatian lebih dari Google, nyatanya kantor cabang saja lamanya minta ampun entah kapan bisa resmi dibuka.

Dari tahun ke tahun hanya terdengar bahwa akan membuka cabang di Indonesia. Aku berharap semoga cepat terealisasi karena banyak yang menunggu kehadirannya.

perawatan ac mengatakan...

Asyiik tuh bakalan buka lowongan kerja di kantor google ...siap2in lamaran deehh..

apa kabar ica momen...lama tak suo nih hohoho??

Penghuni 60 mengatakan...

negokin ica, gi ngapain ya, msh dirumahkah?
ca, aku bawa rambutan nih...
tp sayang bgt ca tinggal rambutnya aja..
hehe...
:P

Kevin mengatakan...

kalaupun google buka kantor perwakilan di Indonesia, kayaknya cuma untuk administrasi aja deh. Mustahil kalau mereka mau bikin server/data center di Indonesia (minimal ada divisi teknisnya kayak di Singapore atau Australia).

Salam Kenal ,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks