23.4.10

Trik Sederhana Meningkatkan Kekuatan Otak

Saya termasuk pengagum orang pintar.
Senang rasanya melihat orang lain memiliki wawasan pengetahuan yang luas, daya ingat yang kuat.
Pernah saya mendengar argumen yang seperti ini: "bapak ibunya pinter ya jelas anaknya juga pinter" atau "keturunannya emang pinter-pinter"
Pendapat ini tidaklah salah. Menurut Neurolog sekaligus Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Kesehatan Depkes RI, Adre Mazya SPK, dasar intelegensia seseorang dipengaruhi oleh 3 hal yaitu Nutrisi, stimulasi dan genetik (keturunan).

Nah, selain faktor keturunan maka berdasarkan judul di atas, saya coba memaparkan beberapa kiat untuk lebih pintar - Trik Sederhana Meningkatkan Kekuatan Otak- yang saya baca dari berbagai sumber (ini cocok buat saya yang masih suka lemot hehehe)

1. MAKAN YANG TEPAT
Bangunkan dengan Protein
Makan Protein untuk sarapan pagi karena protein memperbaiki dan memulihkan sel-sel otak.
Misalnya:
2 iris keju rendah lemak pada sebuah bagel. Yogurt. Telur atau putih telur. Selai kacang pada roti bakar. Segelas besar susu skim. Susu kedelai atau breakfast shake siap beli.

Jangan lewati waktu makan
Untuk kinerja puncak, beri bahan bakar pada sel sel-sel otak sepanjang hari dengan makanan porsi kecil yang merupakan campuran antara karbohidrat, protein dan lemak. Protein meningkatkan ketajaman berpikir dan akurasi sedangkan karbohidrat membantu tetap tenang dan fokus.

Dapatkan vitamin B
Folate, B12 dan B6 sangat penting untuk meningkatkan ketajaman pikiran dan ingatan.
Misalnya: Sayuran daun hijau seperti bayam. Pisang. Polong-polongan. Susu dan susu kedelai yang diperkaya. ayam. ikan seperti salmon yang mengandung asam lemak Omega 3 yang dapat membantu sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain dengan lebih baik.

Minum air
Otak kita 75% terdiri dari air. Hasil penelitian dan menunjukkan, dehidrasi mengurangi kesiapan mental. Siapkan 1 botol besar air minum di dekat.

Kurangi intake gula
Jika kadar gula meningkat terlalu tinggi, lalu turun sangat rendah, akan mempengaruhi kadar berpikir.


2. PERMAINAN MENTAL
Sama seperti otot, semakin banyak kita melatih otak kita, akan semakin berkembang. Caranya antara lain dengan mengisi teka-teki silang.

Bersihkan otak sobat
Pikirkan masalah kontroversial dan berdebat dari sisi yang bertentangan dengan pendapat kita. Cara ini akan mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang tersembunyi di dalam otak ke daerah terbuka.

Main tebak nama
Rangsang sel-sel saraf untuk membentuk hubungan antara nama-nama dan tingkatan aliran info dari satu bagian otak ke bagian lainnya. Tuliskan nama itu, lalu nama lain yang dimulai dengan huruf terkahir. Misalnya: John, Nick, Kevin, Norman dstnya.

Emosional
Kita belajar lebih cepat jika apa yang kita pelajari berhubungan dengan sesuatu yang kita senangi (seperti sesuatu yang membuat kita tertawa). Ciptakan cerita lucu sambil mencoba mengingat sesuatu.


3. SUPLEMEN PINTAR
Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen apapun.

Ginseng dan ginkgo
Hasil penelitian baru di Inggris menemukan, kombinasi 60 mg Ginkgo biloba dan 100 mg ginseng, minum 2 kali sehari bisa meningkatkan ingatan, kecepatan mental dan akurasi, mengurangi kelelahan mental sesudah 4 minggu. Ginkgo terbukti bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan juga bisa mencegah gangguan zat-zat kimia pada ingatan.

Huperzine A
100 - 200 microgram perhari. Jamu Cina, HupA bekerja dengan menghambat rusaknya acetylcholine, zat kimia otak yang terutama digunakan untuk belajar dan mengingat. Jika kadarnya meningkat, fokus, ingatan, dan fungsi-funsi kognitif lainnya jadi meningkat.

Kafein (dalam jumlah sedang)
Hasil penelitian menunjukkan memang ada yang namanya statedependent memory. Jika kita minum kopi sambil mempersiapkan presentasi pada malam sebelumnya, maka kita juga harus minum kopi pada waktu memberikan presentasi untuk memproduksi ulang kondisi biokimia di dalam otak kita.

4. MEMBACA
Melalui membaca kita akan menemukan berbagai macam informasi yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya.

5. TIDUR SIANG
Studi menemukan tidur siang mampu menyegarkan kemampuan otak untuk belajar.
Meski temuan itu masih pendahuluan, tapi penelitian baru itu menimbulkan prospek bahwa tidur,
terutama tidur siang yang panjang, menyiapkan otak untuk mengingat sesuatu. Hal itu seperti me-reboot komputer agar bekerja lebih lancar.
“Tidur tidak hanya untuk tubuh. Itu juga berguna untuk otak,” kata penulis studi Matius Walker, seorang asisten profesor di University of California di Berkeley.

6. BERGAUL DENGAN MEREKA YANG BERWAWASAN LUAS
Tidak ada batasan dalam pergaulan, namun hendaklah di antara sekian banyak orang yang kita temui dalam pergaulan kita, sahabat yang kita miliki, rekan dan kenalan adalah mereka yang berwawasan luas.


47 komentar:

LL mengatakan...

Aku suka tidur siang... Soalnya malamnya begadang...hahaha...

Hdsence mengatakan...

tips yg bagus kak,,,
kalo aku penikmat kopi,,,heheh

kemana ja nee,, koq ga main lagi ke tamana langit,hehhe..
langit tunggu yaa,,,

met malam..

tomo mengatakan...

Dengan makan makanan yang tepat insya Alloh akan encer otaknya

~Srex~ mengatakan...

betul sekali sist apa yang kamu tulis...memang kenyataannya begitulah...terutama yg terakhir no 6.
Sebut 10 saja teman "dia"...maka kita akan tahu seberapa tinggi tingkat kecerdasan dan intelektualitas dia....siiipp....

Ica mengatakan...

@Rock: Makasih sobat... semoga bermanfaat
@LL: asyiknya yang bisa tidur siang... Kalau saya mah 2 minggu sekali baru bisa tidur siang itupun kalau bisa... makanya kurang cerdas nih hehehe
@Hdsence: Asal jangan kebanyakan kopinya tuh... Oh iya maaf nih jarang berkunjung... biasaaa alasan klise.. SIBUK :)
@Tomo: Setuju bos
@~Srex~: makasih bos...
@Richotul: Siiip...

Adit's Blog mengatakan...

waahh....banyak y ternyata caranya biar otak fresh n bisa berpikir lebih baik agy (dlm hal pelajaran y) hehe...

riz mengatakan...

keren sobat...
ternyata aplikasi untuk memeprtajam daya pikir sangat luas y sobat..
kira2 kalau potensi membaca berapa y prosentasenya untuk menyebabkan kemampuan tersebut di bandingkan dengan asupan makanan yg kita konsumsi?tnx b4

NURA mengatakan...

salam sobat
ternyata tidur siang pengaruhnya ada juga ya,,untuk mengoptimalkan otak untuk belajar.
trims sharingnya.

alkatro mengatakan...

terimakasih sharingnya bu dosen, lengkap sekali meditasi juga bagus karena berfungsi untuk menyelaraskan sirkulasi darah 'dari dan menuju' otak :)

Ica mengatakan...

@Adit's blog: Sebenarnya masih ada lagi tapi saya tuangkan yang saya tahu aja, bagi sobat2 yang punya tambahan untuk melengkapi tulisan ini silahkan... :)
@riz: Sebenarnya membacapun ada yang disebut dengan membaca pandai. Artinya, ada yang disebut dengan membaca namun sebatas membaca tanpa memahami apa yang dibaca, dan untuk memahami isi bacaan itupun dibutuhkan trik (jika berkesempatan saya akan membuat artikelnya). Jadi seberapa banyak kita membaca, namun jika tidak dipahami maka percuma. Dan untuk memahami, selain butuh trik butuh juga nutrisi. karena itu dapat dikatakan saling menunjang. Saya rasa istilah prosentasi lebih ke keseimbangan. :)
menurut saya loh........ maaf kalau kurang...
@NURA : iya bunda... tapi saya jarang tidur siang.... siangnya nyari duit hehehe
@Alkatro: ih pak guru Jiox... makasih tambahannya bos...

Dimas mengatakan...

tipsnya oke ni sob, klo saya sih banyakin minum vitamin aja...

aan mengatakan...

waaa berarti aku harus nyari cewe' yg pinter nih bwt memperbaiki keturunan..ehehe

Ica mengatakan...

@Dimas: Sip kalau gitu... saya minum vitamin kalau ingat aja hehe
@Artikel Internet Online: begitulah :)
@nurrahman : Terimakasih juga sob atas kunjungannya :)
@aan: wedew.... itu yang paling utama ya sob :)
@Sudino Dinoe: Sama-sama sob... makasih juga dah berkunjung

tomo mengatakan...

hehehe aku ras jika ortunya pinter Insya Alloh juga anaknya ikutan pinter.Karena turunan gen

netmild mengatakan...

wah panjang juga ya tips kesehatanya tapi penting juga untuk menjaga otak agar tidak mudah stres cocok ni buat ane

antaresa mengatakan...

katanya kalo bapak ga begitu pengaruh, tapi kalo IQ ibunya tinggi maka anaknya juga pinter

akhatam mengatakan...

OO ternyata begitu yaw... Wah langsung coba saya terapkan deh gan... Tx

VAN MOVIC mengatakan...

wahh
kalo bersihin otaknya pake vacum cleaner boleh gak ya mbak,,,hehehe

Nugraha mengatakan...

Hmm.. artikel menarik. Saya baru menemukan artikel seperti ini. Terima kasih dan salam kenal kembali,sobat :)

NyieL ^_^ mengatakan...

Klo Q siy suka banget deket dengan orang yang berwawasan luas!

Karna dg cara itu Q bisa dapetin separoh ilmu dari mereka! ^^

Ica mengatakan...

@Tomo: bener bos... menurut hasil penelitian yang sangat berpengaruh itu dari ibu.
@netmild: Mudah2an nggak cape membacanya.
@antaresa: iya begitulah. Saya juga membaca hasil penelitian yang mengatakan faktor penurun kecerdasan itu dari ibu
@akhatam: sip deh
@VAN MOVIC: bagaimana kalau dicoba dulu hehe
@Nugraha: terimakasih sobat mau membaca dan meninggalkan jejak di sini. Salam kenal kembali.
@NyieL: iya memang bener itu alah satu faktor berpengaruh juga :)

Thanks all

kang tejo mengatakan...

harus sering2 tidur siang..biar pinter hehehehe..

maaf mbk baru mampir cz 3 hari kemrin ada urusan didunia nyata heheh

Bunglon Blog mengatakan...

wah kren nech sob tips nya dari sekian banyak tips untuk point no 5 yg kurang buat saya makanya masih lemot ne otah huhu...
Sukses Slalu!

Ipin's cool mengatakan...

Se7 boss Buah jatuh gak jauh dari pohonnya.....!lebih berperan juga asupan gizi yang di berikan sejak masih balitanya..Ane paling suka bobo siang palagi kalo habis makan wkwkkw

rahmatea mengatakan...

senang rasanya dapat pengetahua baru yang sangat bermanfaat....

thank's ya postingannya.....saya suka yang poin 6 he.he.. makanya saya mampir di sini...

septian angga mengatakan...

wah ternyata tidur ada efek bagusnya juga ,buat otak, jd lebih rileks :)

AeArc mengatakan...

termasuk ngeblog berarti yahh kk.. ngeblog jg bisa meningkatkan kekuatan otak

penghuni60 mengatakan...

wow, ternyata tidur siang masuk jg ya...
kalo itu sih hobi aku wkt kemaren2, suka bgt tidur siang dibawah trailer.. ups salah, mksud aku dibawh pohon yg sejuk gitu... :D

kakara mengatakan...

Jadi merindukan bisa tidur siang seperti saat kanak - kanak dulu.. :) sekarang mana bisa dik.
Artikelnya sangat bermanfaat.
TFS, mohon maaf baru bisa kesini.

Darin mengatakan...

Masalah pintar dari genetik memang dah lama ya digembor2kan. Tapi menurut saya ngga 100% begitu.

Masih ingat George Saa, anak Papua yang meraih First Step to Nobel Prize in Physics di tahun 2004? Tentunya hanya anak-anak paling cerdas di seluruh dunia, para genius muda calon-calon peraih Nobel yang mampu meraihnya.

Hebatnya, George (Oge) bisa mempunyai pemikiran yang sejauh itu dariPapua. Kita tahu disana fasilitasnya, buku-buku, alat-alat laboratorium, apalagi internet, semua begitu terbatas. Bahkan Oge kadang juga terpaksa tidak bersekolah karena tak punya ongkos, atau harus membantu ayahnya di ladang. Sesuatu yang tentu saja akan membuatnya menangis berjam-jam. Belum lagi buku yang seringkali tidak bisa terbeli.

"Uang bukan segala-galanya untuk maju.
Selalu ada jalan untuk menimba ilmu." Begitu kata Oge.

So, bila memang kuat berusaha, pintar itu bukan hak sebagian orang. Tapi hak kita semua, betul? :)

Ipin's cool mengatakan...

mengunjungi sobat Icha kemana nihh gak kelihatan batang hidungnya...udah 3 post blom di komenginb tuhh hehhehe

suhendri mengatakan...

Pendatang baru ni... salam kenal y ??
Tips a manfaat.. n berkesan bngt buat aqu.. he
btw aqu dah follow ica, jangan lupa follow back
y ?? makasih

kudel mengatakan...

otak memang butuh suplai yang bagus buat perkembangan..

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks