30.10.09

Khasiat Warna Warni Buah Dan Sayuran

Sobat gemar makan buah dan sayuran? Wah, bagus tuh...
Tapi apakah sobat pernah tahu bahwa masing-masing warna pada buah dan sayuran juga memiliki khasiat yang berbeda-beda?

Perbedaan warna pada buah dan sayuran ini menunjukkan kandungan zat gizi dan senyawa fitokimia yang berbeda. Agar semakin jelas lagi, simak beberapa warna dan kandungan fitokimia, berikut manfaat yang dapat dirasakan dari buah dan sayuran beraneka warna ini.

MERAH
Warna merah, seperti stroberi, jambu biji merah, bit, kol merah, bayam merah, menandakan kekayaan antosianidin.
Khasiatnya: menyusutkan kemungkinan serangan kanker, mengontrol kadar gula darah, memacu peremajaan sel sehingga dapat mempercepat penyembuhan dan mempermuda penampilan, menggiatkan kerja organ-organ vital seperti hati, jantung, ginjal.

JINGGA atau KUNING
Warna jinnga atau kuning merupakan pertanda bertumpuknya kandungan betakaroten, lutein, likopen, Vitamin C. Contohnya Wortel, jagung muda, tomat, semangka merah, semangka kuning, melon jingga, jeruk, mangga, pepaya dan nanas.
Khasiatnya : menimpan kekuatan sebagai pereda serangan virus dan bekteri (seperti pada gangguan keputihan, flu, radang), menghalangi kemungkinan munculnya sel kanker, meredam produksi berlebihan 'kolestrol jahat' LDL sehingga memperkecil resiko stroke dan serangan jantung, menggiatkan laju peremajaan sel.

HIJAU
Warna hijau, khususnya hijau pekat, menyiratkan pekatnya kandungan klorofil, karotenoid, kalsium, zat besi, serta belerang dalam buah dan sayuran.
contohnya pada melon hijau, apel hijau, alpukat, anggur hijau, beragam sayuran hijau (seperti sawi, bayam, kangkung, brokoli, dan daun pepaya).
Khasiatnya : menetralkan racun-racun dalam tubuh, menekan pertumbuhan sel lewat batas yang bisa berkembang menjadi kanker, menggiatkan fungsi organ-organ pencernaan seperti lambung, pankreas, hati, ginjal dan usus halus.

BIRU atau UNGU
Warna biru atau ungu, seperti pada terong ungu, kol ungu, bawang bombai ungu, anggur biru, anggur ungu merupakan petunjuk berlimpahnya kandungan antosianin.
Khasiatnya : menyusutkan kemungkinan terserang kanker, merangsang dan meningkatkan laju peremajaan sel sehingga baik sebagai terapi pemulihan baru sembuh dari sakit berat atau peremajaan kulit agar penampilan tampak lebih segar dan lebih muda.

PUTIH
Warna putih mengisyaratkan berlimpahnya kandungan mineral.
Contoh, pisang, kelapa muda, bengkoang, taoge, lobak, labu air, bawang putih dan bawang bombai.
Khasiatnya : mengontrol kesehatan saraf (antara lain sebagai pereda stress), menyusutkan risiko kanker dan menekan pertumbuhan sel kanker, melemahkan virus dan bakteri sehingga dapat dimanfaatkan untuk dapat mengatasi gangguan kesehatan akibat serangan virus dan bakteri seperti flu, keputihan dan radang.



23 komentar:

kakara mengatakan...

oh gitu ya.. ternyata beda warna beda juga kandungan dan khasiatnya.. TFS.
ngikutin ica nh jadi susah online.. :)

sda mengatakan...

makasih infonya mba, kayaknya semua sayur masuk nih, gk ada yg dipantang2....(rakus kali? hihi....)

narti mengatakan...

warna sayurnya pelangi, kandungannya macam2 juga, manfaatnya apalagi...
sapa yang tidak suka sayur? rugi loh...

jhonson blog mengatakan...

sepp infonya sangat bermanfaat bagi yg belom mengetahuinya :)

Ica mengatakan...

@kakara: Loh koq gara2 Ica sih...? Iya nih susah cari waktu online nih.. Tapi selalu diusahakan untuk bisa nongol2 bentar
@Narti/sda: Sip mbak.. saya juga gak milih2 sayuran, pokoknya yang penting bersih pasti disantap..
@Johnson Blog: Mudah2an bermanfaat ya sob :)

gdpermana' site mengatakan...

sayuran dan buah2an emang enak dan bermanfaat buat tubuh..

Andi Wong mengatakan...

Baca2... mmm bgitu ya ica.. warna menandakan khasiat yg berbeda pula yaa.. gw pngemar sayuran nih..nambah wawasan bgt artikelmu jdi buat nafsu nih.. nafsu maem maksudnya.. wakakakakak ;-) ..keep posting yaa..

~Srex~ mengatakan...

Berkunjung sist............
eh, apakah kasiat yang terkaandung dalam warna buah/sayur tersebut hanya kalau dimakan mentah? atau bila matang ada syarat2 tertentu supaya tetap utuh...?

Ica mengatakan...

@gdpermana'site : setuju bos..
@secangkir teh dan sekerat roti: kejaaaar !! hehehe ada-ada aja
@andi wong : Bukannya nafsu makannya dah bawaan dari lahir tuh hehehe
~Srex~ : Makasih kunjungannya bos... Oh iya untuk jawabannya nanti akan coba paparkan di postingan berikut ya... makasih pertanyaannya sangat berguna..

zein mengatakan...

keren nih postingannya bermanfaat bgt ..
kata temen ica .. ica ga lulus biologi tp ko bisa bikin kaya gini..
wkwkwkw...
piss

NURA mengatakan...

salam sobat
trims penjelasannya..
artikelnya sangat menambah pengetahuan,,
saya jadi tahu warna-warni buah dan sayuran.
semua ada khasiatnya masing-masing.

akhatam mengatakan...

info bagus nih... yang terpenting baik bagi kesehatan...

genial mengatakan...

sama... saiia juga jarang oL, jd malu sama yg laen :( minta buahnya dund :( supaya sehat nii...

bhogey mengatakan...

asik banget potingannya...
ga salah infonya, mantapp..

Cara Membuat Blog mengatakan...

oww teryata begitu, warna ternyata mempunyai kandungan yang berbeda. saya baru tau.
mantap banget, makasih banet ilmu dan informasinya.
postingan yang sangat bagus banget!
Cara Membuat Blog

Ikutan Ngeblog mengatakan...

Makasih, aku baru tau kalo seperti itu,
jadi bisa pilih-pilih buah yang diinginkan kandungannya dengan warna dong? hehehe

Ica mengatakan...

@Zein : hmmmmm dapat info dari teman apa dapat infonya dari Cek dan recek? hayoooo
@NURA : Iya bunda kebetulan juga saya beli buku dan ada penjelasan seperti itu, makanya saya bagi2 pengetahuan ini kepada sobat2.
@akhatam : yup sehat itu mahal
@intrik : ntar aku paketin ya bang... :)
@genial: oooww ada temenku rupanya :)
@bhogey : makasih ya sob dah bersedia membaca dan ninggalin pesan..
@cara membuat blog : makasih juga sob
@Ikutan Ngeblog : sama2 sob.. oh iya, sebaiknya ada kombinasi. bisa dengan mencampurnya (tentunya yang sepadan), atau juga dengan mengatur warna/hari :)

 



Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service








Great Morning ©  Copyright by Everything | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks